Rabu, 09 November 2016

Tugas IBD Minggu 3

Tugas IBD

Nama:Mochamad Rifky Rifaldi
NPM:14216454
Kelas:1EA11


Sejarah
Taira no Masakado adalah samurai dari Zaman Heian. Beliau adalah seorang yang baik, petarung yang tangguh, dan pemimpin yang hebat. Beliau juga salah satu dari Nihon San Dai Onryƍ bersama dengan Emperor Sutoku dan Sugawara no Michizane. Tidak ada yang mengetahui kapan persisnya Masakado lahir. Tetapi diduga beliau lahir antara akhir tahun 800an atau awal tahun 900an dan wafat pada tahun 940.
Taira no Masakado lahir dari keluarga terpandang dan memiliki masa kecil yang berkecukupan. Setelah ayahnya meninggal, keadaan mulai menjadi goyah. Hukum waris yang saat itu belum stabil menyebabkan paman Masakado mulai merebut tanah peninggalan ayahnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya perseteruan pada tahun 938.
Saat itu, Masakado dijebak oleh salah satu pamannya dan beberapa prajurit Minamoto. Penyerangan tersebut gagal karena beliau adalah seorang samurai yang kuat dan berhasil mengalahkan prajurit pamannya. Setelah mengalahkan mereka, ia membakar lahan milik pamannya tersebut sebagai bentuk balas dendam. Banyak pihak keluarga yang tidak terima dengan perlakuan Masakado, sehingga perihal ini dibawa ke kaisar. Pengadilan pun dilaksanakan. Masakado mengajukan pembelaan diri dan dibebaskan beberapa bulan tidak lama setelah pengadilan.
Tidak lama setelah Masakado sampai rumah, lagi – lagi ia diserang. Kali ini oleh ayah mertuanya dan para prajuritnya. Pada tahun 938, Masakado kembali dipanggil ke pengadilan atas perselisihannya dengan saudara sepupunya. Ia mengabaikan panggilan itu dan membangun sejumlah besar pasukan untuk menyerbu Provinsi Hitachi. Ia menaklukan delapan provinsi, yaitu Shimotsuke, Kozuke, Musahi, Kazusa, Awa, Sagami, Izu, dan Shimosa.
Saat itu, pemerintahan dikenal sebagai tidak efektif dan penuh dengan penyalahgunaan oleh para petani. Masakado memperlakukan petani dengan baik, sehingga beliau diterima dan dianggap sebagai penyelamat oleh mereka. Pengadilan masa itu takut bahwa motif asli Taira no Masakado adalah persiapan untuk melampaui pemerintahan dan menjadikan dirinya Kaisar baru di Jepang. Alasan ini lah yang membuat beliau dicap sebagai pengkhianat.
Pemerintah membayar beberapa prajurit – termasuk teman dan keluarga Masakado – untuk membawakan kepala Taira no Masakado. Masakado yang kalah jumlah pun ditangkap dan dipenggal pada hari ke – 14, bulan kedua, tahun 940. Kepalanya dibawa pulang ke Kyoto dan dipajang sebagai pengkhianat.
Taira No Masakado adalah samurai yang di hormati oleh Shogun Shogun masa depan jepan seperti Minamoto No Yoritomo yang menghormati Masakado walaupun dari clan musuh.

Pandangan Hidup Masakado
Walaupun berasal dari keluarga kaya Masakado ayah Masakado tidak pernah mengakui Masakado dan Masakado lebih banyak menjadi pelayan daripada pangeran dan setelah ayahnya wafat Masakado selalu di serang dan dituduh oleh seluruh anggota keluarganya sehingga namanya tercemar walaupun tidak berhasil memperoleh nama baiknya kembali Masakado berhasil mencurahkan kisah keberanianya kepada musuh musuhnya sehingga sampai sekarangpun namanya masih di kenang.





Sumber:Eiji Yoshikawa.1990.Taira No Masakado.Jakarta:Kansha Books.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar